UTU Terapkan Kuliah Hybrid, Rektor Sambut Mahasiswa di Pintu Gerbang
  • UTU News
  • 28. 09. 2021
  • 0
  • 427

MEULABOH - UTU | Sejumlah perguruan tinggi terus mempersiapkan diri melaksanakan perkuliahan tatap muka. Kebijakan perkuliahan tatap muka ini dilakukan karena menurunnya gelombang kasus Covid-19 di Indonesia. Turunnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ke beberapa level juga menjadi dorongan sejumlah perguruan tinggi untuk segera melaksanakan perkuliahan tatap muka.

Universitas Teuku Umar (UTU) mulai Senin (27/9/2021) secara resmi menerapkan perkuliahan tatap muka secara Hybrid. Ada hal menarik dihari pertama kuliah.

Sekira pukul 07.45 WIB, Rektor didampingi sejumlah unsur pimpinan lainnya menerima mahasiswa di pintu gerbang Kampus UTU. Sebenarnya tradisi ini sudah mulai diberlakukan sejak tahun 2015 lalu, namun akibat Covid-19 yang melanda sejak akhir tahun 2019, tradisi itu ditiadakan.

Banyak sekali nilai filosofi dari tradisi penyambutan mahasiswa baru di pintu Gerbang Kampus, selain memuliakan tamu, pada kesempatan tersebut Rektor dapat secara langsung mengenalkan historis, tradisi, budaya, nilai dan norma di kampus UTU.

Dihadapan ratusan mahasiswa, Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA mengucapkan selamat datang dan mengharapkan kepada mahasiswa agar memiliki semangat perjuangan Teuku Umar di dalam diri mahasiswa, terutama dalam hal semangat berwirausaha (Spirit Enterpreurship).

Menurut Prof. Jasman,  kampus UTU mendidik mahasiswa untuk memiliki semangat dan pengetahuan untuk mengembangkan usahanya masing-masing ketika lulus nantinya. Sesuai dengan Visi Misi Universitas Teuku Umar yakni menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam hal agro and marine industry atau industri berbasis pertanian dan industry berbasis kelautan perikanan.

Sebagai upaya untuk menjadi aktor utama dalam peradaban bangsa, Prof. Jasman mengajak agar mahasiswa baru UTU terus belajar dan bekerja keras serta terus berupaya meningkatkan soft skill. Tidak hanya itu, mahasiswa juga harus memiliki sifat yang rendah hati, tidak sombong, dan memiliki jiwa dan akhlak yang mulia.

"Untuk anak-anakku para mahasiswa, lanjutkan prestasi yang anda sudah ukir selama ini, oleh karena itu ruang yang kita berikan semakin terbuka lebar. Anda bisa melahirkan talenta-talenta baru, bukan tidak mungkin menjadi sesuatu, anda itu pemungkin, yang tidak mungkin bisa anda jadikan terjadi karena kita beri ruang," ujar Prof Jasman

Itulah sebabnya, kata Prof Jasman, mahasiswa UTU hari ini adalah mahasiswa yang merupakan pilihan dari generasi pemungkin yang bisa melahirkan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

"Jadi tidak perlu ragu bersaing dengan para mahasiswa yang ada di Indonesia dan dunia, anda bisa bersaing karena kami memang sudah siapkan talenta menjadi pemenang dalam segala persaingan kedepan," terang Guru besar dibidang manajemen pemasaran ini.

Pada kegiatan yang dipusatkan di depan pintu gerbang utama Universitas Teuku Umar, Rektor didampingi unsur pimpinan lainnya yakni  Wakil Rektor II, Dr. Ishak Hasan, M.Si; Ketua Senat Universitas, Andi Yusra, ST., MT, Kepala Biro AKPK, Drs. H.T. Muslim Raden, M.Si, para dekan, ketua lembaga, serta para pejabat lainnya di lingkungan UTU.

Dalam prosesi penyambutan, Rektor turut memakaikan jas almamater UTU kepada perwakilan mahasiswa baru dari berbagai fakultas. Selain itu, rektor secara sembolis menyirami mahasiswaa baru dari air guci sebagai pertanda untuk menyucikan hati dan pikiran  sebelum memasuki kampus yang diberi nama pahlawan nasional tersebut.

Seluruh rangkaian kegiatan penyambutan dan pelaksanaan perkuliahan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, diantaranya memakai masker dan menjaga jarak.

Keputusan pelaksanaan perkuliahan Hybrid ini juga didasari dari surat rekomendasi dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Barat Nomor 198/2021 tertanggal 6 September 2021 dan Keputusan Rapat Senat Universitas Teuku Umar tanggal 8 September 2021 di Universitas Teuku Umar.

Keputusan tersebut juga dituangkan dalam Pengumuman Rektor UTU nomor 279/UN.29/PK/01.03.2021 tentang perubahan sistem perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2021/2022.

Untuk diketahui sistem kuliah Hybrid merupakan sistem perkuliahan campuran antara kuliah tatap muka dan kuliah daring, dengan model pembelajaran yang mengintegrasikan inovasi dan kemajuan teknologi melalui system kuliah online dengan interaksi dan partisipasi dari model pembelajaran tradisional (Aduwina Pakeh / UTU).

Komentar :

Lainnya :