Prodi Sosiologi UTU Gelar Pelatihan Penggunaan Mendeley
  • Prodi Sosiologi
  • 03. 09. 2021
  • 0
  • 745

MEULABOH - UTU | Penelitian dan publikasi yang berkualitas merupakan syarat mutlak dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Hal ini memerlukan kemampuan mencari dan mengelola sumber rujukan ilmiah yang baik dan benar, bagi para peneliti terutama mahasiswa.

Dalam rangka akselerasi pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah tersebut, maka perlu melatih mahasiswa agar dapat menggunakan Mendeley dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Oleh karena itu, Laboratorium Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi referensi / Mendeley, Penggunaan Mendeley Dalam Penulisan Karya Ilmiah”, Rabu (2/9/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Tugas Akhir serta Dosen Pembimbing Tugas Akhir. Penggunaan aplikasi Mendeley disampaikan oleh Triyanto, MA.

Dalam ulasannya, Triyanto menjelaskan bahwa pentingnya menggunakan aplikasi Mendeley yaitu untuk memperkaya dan mempermudah mahasiswa dalam menulis daftar pustaka. “Perlu diberikan pelatihan melalui aplikasi Mendeley,  untuk memperkaya sumber referensi riset hasil penelitian sesuai dengan prosedur pengutipan dan sitasi yang benar dan sesuai sebagai daftar pustaka,” jelasnya.

Mendeley merupakan program aplikasi berdiri sendiri untuk mengelola kepustakaan dan mengembangkan jejaring sosial akademik yang bermanfaat untuk mengelola kepustakaan, saling berbagi kepustakaan secara online, dan mencari kepustakaan terkini, selain itu Mendeley merupakan piranti lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya  fungsinya sebagai library yang disertai dengan kemampuan digunakan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah.

Dalam pelatihan ini, peserta dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunakan Mendeley.

Triyanto berharap agar pelatihan Mendeley bisa mempermudah mahasiswa khususnya prodi Sosiologi untuk menuliskan daftar pustaka dan menghindarkan terjadinya plagiat dalam penulisan.

“Dari pemberian materi yang berkaitan dengan aplikasi Mendeley dalam proses penulisan Artikel Ilmiah, maka sitasi kini dapat dilakukan secara otomatis sehingga tidak perlu mengetik daftar pustaka secara manual dan dengan penggunaan aplikasi mendeley peneliti dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian, kerapian sitasi pada penulisan ilmiah serta menghindarkan terjadinya plagiat dari jurnal atau penulisan ilmiah,” paparnya.

Sementara itu, Cantika Margaretha salah satu peserta pelatihan mengatakan, pelatihan selama tiga jam tersebut cukup membantu. Terlebih terkait trik dalam mencari, menyimpan dan menggunakan rujukan.

”Pelatihan ini, membuat kami mampu mencatumkan rujukan dengan tepat dan benar sesuai standart penulisan ilmiah yang diberikan oleh prodi,” katanya. 

Laboratorium Prodi Sosiologi menggagas pelatihan ini sebagi upaya memfasilitasi para penulis khususnya  mahasiswa sosiologi dalam mempersiapkan karya tulis ilmiah serta menjadi bentuk keseriusan prodi menggalakkan anti plagiarisme.

Hal ini disampaikan Kelala Laboratorium Prodi Sosiologi, Irma Juraida, M.Sosio, bahwa selain mempelajari Mendeley para peserta juga mendapatkan tambahan materi berupa sumber-sumber informasi elektronik (seperti ejournal dan ebook) yang dapat diakses seperti google scholar . Jelasnya

Melalui kegiatan ini diharapkan kontribusi Laboratorium Sosiologi dalam menggalakan anti plagiarisme dapat memberikan manfaat serta menjadi bekal ilmu bagi  mahasiswa sosiologi khususnya dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka karya ilmiah. (Aduwina Pakeh). 

Komentar :

Lainnya :