Prodi Sosiologi Mobilisasi Dosen CPNS Revisi Instrumen Monev Pembelajaran
  • Prodi Sosiologi
  • 17. 02. 2022
  • 0
  • 1252

Meulaboh, Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran program studi sosiologi Fisip Universitas Teuku Umar melaksanakan revisi instrumen monitoring dan evaluasi (Monev) pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan sejak awal minggu lalu dan berakhir pada hari ini tanggal 17 Februari 2022. Untuk menyelesaikan tugas ini kaprodi membentuk tim dengan kekuatan utama para dosen CPNS formasi 2021 Prodi Sosiologi.

Poin penting yang direvisi dalam instrumen monitoring dan evaluasi ini adalah 1). kepuasan mahasiswa terhadap dosen, 2). kepuasan dosen terhadap layanan akademik, 3). kepuasan mitra terhadap prodi, 4). kinerja dosen, dan 5). alumni dan mahasiswa. Poin 4 (empat), kinerja dosen bukan hanya pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian saja tetapi juga pelayanan dosen terhadap mahasiswa.

Cut Irna Liyana yang ditunjuk untuk mengkoordinir revisi instrumen ini mengatakan bahwa perubahan instrumen monev ini mengikuti kebutuhan IAPS 4.0 dan bentuk pembelajaran MBKM.

“Bentuk pembelajaran sudah diarahkan kepada MBKM, pada sisi yang lain intrumen IAPS juga memiliki tuntutan tersendiri. Untuk itu kami memutuskan untuk merevisi instrumen monev pembelajaran yang sudah berlaku”, tegasnya.

Meski demikian, Cut Irna menyadari akan ditemukannya kekurangan dan kelemahan, namun instrumen ini akan segera dilaunching agar segera ditemukan kekurangan itu sehingga bisa disempurnakan untuk monev berikutnya.

Anggota tim dalam kegiatan ini melibatkan dosen-dosen CPNS formasi tahun 2021 yang sudah hadir dan beraktivitas di prodi seperti Yeni Sri Lestari, Devi Intan Chatijah, dan Lilis Sariyanti. Selain itu, kegiatan juga mengajak turut serta beberapa dosen lainnya untuk mendiskusikan materi dari instrumen monev ini.

Revisi instrumen monev prodi ini dipantau langsung oleh ketua Program Studi Nurkhalis, M.Sosio. Kaprodi mengharapkan agar instrumen monev yang baru ini dapat digunakan tepat waktu, sehingga dokumen monev selalu tersedia dalam setiap semesternya. Ketersediaan dokumen monev akan memudahkan prodi dalam menghadapi akreditasi.

Lainnya :