Prodi Hukum FISIP UTU Gelar Workshop Visi Misi
  • UTU News
  • 27. 07. 2021
  • 0
  • 743

MEULABOH, UTU – Jajaran Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU), menggelar ‘Workshop Peninjaun Visi Misi Program Studi Ilmu Hukum FISIP-UTU’, di Aula Gedung Baru Terintegrasi, Selasa, 27 Juli 2021.  Workshop dibuka oleh Dekan FISIP-UTU, Basri, SH.,M.H.

Hadir sebagai peserta selain dosen ilmu hukum dan sebagain dosen Fisip, Ketua-Ketua Prodi FISIP juga dari stakeholder lain seperti dari Kejaksaan, Pengadilan, Pemerintah Daerah, praktisi hukum dan undangan lainnya, dan juga dihadiri Wakil Dekan I FISIP-UTU, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si.

Dekan FISIP-UTU, Basri, SH.,M.H, dalam sambutan singkat antara lain menyampaikan,  Prodi Ilmu hukum ini juga harus sesuai dan fokus pada core product UTU. “Core prodct agro and marine industry itu juga harus diintegrasikan ke dalam visi misi ilmu hukum”.   

Pemateri Workshop adalah Dr. Suhaimi, SH.,M.Hum (Dosen Universitas Syiah Kuala). Suhaimi antara lain mengatakan, visi Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum yaitu menjadikan lembaga pendidikan tinggi ilmu hukum yang profesional. Profesional itu, berarti seseorang ahli di bidangnya. Tentunya dalam workshop visi misi perlu diwujudkan sesuai dengan kebutuhan maayarakat.  Apa yang selama ini masih kurang, diharapkan Prodi Ilmu Hukum ini dapat menyusun dan merealisasikan visi misi dengan baik sehingga bisa ter-akomodir harapan dan kebutuhan masyarakat.

Suhaimi menegaskan, visi itu puncaknya adalah apa yang ingin dicapai oleh Prodi Ilmu Hukum, setelah itu baru dijabarkan dengan misinya. Untuk mencapai puncak itu, perhatikan apa-apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan yang benar-benar fokus sehingga tidak melebar kemana-mana.

Suhaimi mencontohkan, “kalau kita ingin lulusan dari Prodi Ilmu Hukum itu yang unggul tentu harus didukung oleh visi tersebut, baru setelah itu rencana strategi sampai kepada tahap operasional. Artinya, dalam menghasilkan lulusan yang unggul itu dibutuhkan proses. Proses yang dimaksudkan itu mulai dari rekrutmen mahasiswa, pendaftaran dan sistimnya, proses belajar menganjar, RPS dosen mengajar, kontrak kuliah, bahan ajar, sistim penilaiannya dan sebagainya. (***)   

 

 

Lainnya :