Membangun Desa Wirausaha, Mahasiswa KKNT IKL Lakukan Inovasi Produk Olahan di Desa Panjupian
  • Program Studi Ilmu Kelautan
  • 26. 08. 2021
  • 0
  • 1343
  • MAHASISWA

Desa Panjupian Merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, provinsi Aceh. Desa Panjupian memiliki sumber daya alam yang berlimpah yang mana Desa Panjupian terkenal akan tumbuhan palanya. Namun yang menjadi permasalahan masyarakat panjupian kerab bergantung dengan hasil perkebunannya yaitu tumbuhan pala. Namun dewasa ini tumbuhan pala Desa Panjupian terjangkit penyakit sehingga hasil perkebunan menjadi menurun jadi masyarakat panjupian tidak bisa terlalu bergantungan kepada hasil perkebunan untuk bertahan hidup.

Seperti yang kita ketahui selain perkebunan Desa Panjupian juga memiliki Potensi di bidang kelautan nya, namun masyarakat di Desa Panjupian kurang dalam pengolahan hasil laut. Merujuk pada hal tersebut, salah satu mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Cut Dewi melakukan inovasi yang berasal dari olahan hasil laut seperti pengolahan rumput laut menjadi kerupuk. Kegiatan tersebut dikemas dalam program KKNT yang berlangsung selama satu bulan (28 Juli-28 Agustus). Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menunjang ekonomi masyarakat Desa Panjupian. Meskipun di Desa Panjupian memiliki sumber daya lautnya tetapi untuk jenis rumput laut tidak ditemukan didesa ini, walapun rumput laut tidak terdapat di desa ini tetapi tidak sulit menemukan rumput laut dipasar di daerah desa tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan pengenalan dan pelatihan pembuatan kerupuk rumput laut kepada masyarakat khususnya bagi ibu-ibu. Dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan kemandirian kepada masyarakat panjupian agar dapat berwirausaha. Tidak hanya edukasi tentang pembuatan kerupuk rumput laut, di sini ibu-ibu juga di ajarkan dalam pengemasan dan pembuatan label produk sehingga dapat meningkatkan harga jual dan kualitas produk tersebut. Label tersebut

Komentar :

Lainnya :