MARINO, Tim Robot UTU Siap Ikuti Kontes Robot Indonesia 2021
  • UTU News
  • 24. 09. 2021
  • 0
  • 720

MEULABOH - UTU | Tim robot mahasiswa Universitas Teuku Umar siap mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemdibud Ristek) pada 23 September hingga 1 Oktober mendatang secara daring.

Pembimbing tim Robot UTU, Heri Darsan, ST., MT, mengatakan tim robot UTU telah siap mengikuti KRI 2021. Tim robot UTU yang akan berkompetisi di KRI adalah tim MARINO yang akan bertanding di Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI). Pada divisi ini robot ditantang untuk bisa memanah ke sasaran berupa pot-pot yang disusun dalam jarak yang berbeda-beda.

“Persiapan sudah lama kami lakukan dan 5 bulan terakhir ini terus melakukan simulasi robot dan simulasi live streaming untuk mematangkan dalam mengikuti perlombaan secara daring,” paparnya, Jum'at (24/9) di sela-sela persiapan mengikuti KRI.

Ia berharap nantinya tim robot UTU dapat tampil secara maksimal dan meraih juara.

Sementara Zulfadly, ketua tim MARINO menyampaikan bahwa saat ini timnya terus melakukan simulasi terhadap  robot yang akan dipertandingkan nantinya.  Dari sumulasi yang telah dilakukan mereka melakukan penyempuranaan-penyempurnaan hingga robot dapat melakukan misi yang ditargetkan dengan sempurna.

Adapun misi yang harus dicapai yakni menembakan anak panah secara otomatis dengan menggunakan sistem electro pneumatic.

Sementara di tempat terpisah Ketua Program Studi Teknik Mesin, Maidi Saputra, ST., MT menyampaikan bahwa tim robot UTU telah melakukan persiapan secara maksimal menghadapi KRI 2021. Ia pun  berharap nantinya tim MARINO dapat tampil optimal sehingga bisa membawa pulang juara.

KRI merupakan kompetisi robotika tahunan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di bawah Kemdikbud Ristek. Penyelenggaraan KRI 2021 memasuki tahun ke-19 sejak pertama diadakan pada tahun 2003 silam. Namun, sejak tahun 2020 lalu KRI diadakan secara daring karena masih dalam suasana pandemi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, KRI 2021 mempertandingkan 6 divisi lomba. Enam divisi yang dipertandingkan yakni Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) yang sebelumnya bernama Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), KRSBI Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Sementara itu, Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA mengapresiasi keberhasilan tim robotik UTU yang lolos samapai tahap perlombaan Nasional diajang hingga mencapai prestasi yang membanggakan.

"Selamat Bertanding dan mendapatkan pengalaman berharga, semoga karya mahasiswa ke depan dapat lebih dikembangkan bukan hanya sekadar untuk menghadapi kompetisi KRI, melainkan untuk kemanfaatan yang lebih baik bagi masyarakat khususnya dibidang agro and marine indutry." Harap Prof. Jasman. (Aduwina Pakeh /Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :