• Prodi Sosiologi
  • 07. 04. 2019
  • 0
  • 923

Lima Dosen Sosiologi UTU Pemakalah Konferensi Medan

 

Meulaboh- Lima dosen Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (UTU), jadi pemakalah pada Konferensi Nasional Sosiologi (KNS) VIII, yang diadakan Assosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APPSI). Konferensi bertema “Manajemen Bencana dan Kebencanaan di Negeri Cincin Api: Perspektif dan Kontribusi Sosiologis” tersebut berlangsung sejak 31 Maret–02 April 2019, di Le Polonia Hotel & Conventation, Medan.

Kelima dosen Sosiologi UTU tersebut yaitu Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si, dengan judul Peran Perguruan Tinggi dalam Mitigasi Bencana; Triyanto, MA, judul penelitian Transformasi Budaya Meseuraya di Gampong Keub Kabupaten Aceh Barat; Arfriani Maifizar, M.Si, berjudul Model Pendekatan Lembaga Kemanusiaan dalam Penanggulangan Bencana di Aceh; Irma Juraida, M.Sos judul Peran Modal Sosial dalam Mitigasi Bencana Banjir; dan Yeni Sri Lestari, M.Soc.Sc dengan judul Politik Hijau untuk Pengembangan Lingkungan di Indonesia. Selain lima orang dosen sosiologi tersebut, kegiatan ini juga diikuti dosen Fisip lainnya seperti Sudarman Alwy dan Zuhrizal Fadhli yang juga memaparkan makalahnya.

Penanggung jawab konferensi, Dr Harmona Daulay, M.Si mengatakan pemilihan tema didasarkan pada kondisi georafis Indonesia berada pada zona cincin api (Ring of Fire). "Indonesia memiliki potensi menghadapi bencana cukup. Pengetahuan masyarakat terhadap bencana sangat diperlukan, demi mengantisipasi bencana tidak dapat diprediksi kapan terjadinya," ujar Harmona.

Ketua prodi (kaprodi) Sosiologi UTU, Triyanto, MA menyatakan bahwa keikutsertaan dosen UTU kali ini selain karena termasuk anggota APPSI dan termotivasi dalam meningkatkan publikasi dosen. "Prodi Sosiologi UTU sebagai anggota APSSI wajib mendukung kegiatan konferensi yang sudah diprogramkan. Pengiriman lima dosen kami sebagai langkah meningkatkan jumlah publikasi sebagaimana kontrak kaprodi dengan dekan, dan kontrak dekan dengan rektor, juga untuk membangun pengembangan prodi," ungkap Triyanto. Selanjutnya, Kaprodi mengharapkan konferensi bisa terus dilaksanakan guna membangun ikatan sesama dosen Sosiologi. "Berkumpul dengan sesama sosiolog se-Indonesia ini dapat membangun Link sehingga prodi tidak ketinggalan dan selalu update informasi," harap Triyanto. 

Kegiatan turut dihadiri keynote speaker, Letjend Doni Monardo selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Prof Dwikora Kornawali, M.Sc , Ph.D sebagai Kepala Badan Meteorologi , Klimatologi, Dosen Universitas Muhamaddiyah Yogyakarta yaitu Rahmawati Husain, MCP, Ph.D , dosen Institut Teknologi Bandung, Dr. Saut Aritua Hasiholan Sagala, ST, M.Sc dan Wignyo Adiyoso, S.Sos, MA, Ph.D bertugas pada Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.[khalis]

Lainnya :