Kemitraan Sosiologi UTU dengan SOS Meulaboh
  • Prodi Sosiologi
  • 29. 02. 2020
  • 0
  • 460

Meulaboh- Program Studi Sosiologi Universitas Teuku Umar menjalin kemitraan dengan SOS Children's Village Meulaboh. Kemitraan tersebut untuk meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kepedulian terhadap pengasuhan serta perlindungan anak. Penandatangan naskah kemitraan dilakukan ketua Prodi Sosiologi UTU  Nurkhalis, dengan pimpinan SOS Children's Village Meulaboh, Andi Saputra, Jum',at 28 Februari 2020 di Aula Mini SOS Meulaboh.

Nurkhalis mengatakan, dalam rangka meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi Sosiologi terus melakukan kemitraan dengan berbagai lembaga sosial baik dari pemerintah, swasta dan mandiri. Kemitraan dengan SOS akan fokus pada penelitian dan pengabdian yang dilakukan mahasiswa, dosen dan kolaborasi antara keduanya. "Kemitraan bersama SOS Meulaboh sebagai lembaga mandiri berbasis sosial demi peningkatan pendidikan, penelitian dan pengabdian bagi mahasiswa dan dosen," papar Nurkhalis.

Nurkhalis selanjutnya mengungkapkan, ke depan apabila kemitraan terus bertahan maka langkah selanjutnya menjadikan lembaga SOS Meulaboh sebagai tempat Magang mahasiswa. "Selama ini prodi Sosiologi terus melakukan peningkatan Tri Dharma. Namun ada hal yang belum maksimal yaitu Magang. Semoga melalui kemitraan ini, mahasiswa mengetahui dan memahami tugas serta kewajiban akademisi sosial," kata Nurkhalis.

 Sementara itu, Andi Saputra mengatakan, selama ini SOS Meulaboh tanpa henti menambah relasi, kerja sama dan kemitraan. Dan kini telah menambah kemitraan dengan Prodi Sosiologi UTU. "Prodi Sosiologi sebagai prodi paling relevan di wilayah pantai Barat Aceh untuk mengkaji masalah masalah sosial dan juga perubahan sosial masyarakat. Oleh karenanya kami memutuskan untuk menjalin kemitraan," ujar Andi Saputra.

 Andi Saputra melanjutkan, kedua belah pihak bersepakat saling menguntungkan satu sama lain dan berupaya peningkatan kapasitas secara bersama. "Bentuk kerja sama dengan prodi Sosiologi UTU nantinya saling menguntungkan berdasarkan kebutuhan sesuai dengan tugas dan fungsi secara kelembagaan. Inti jalinan kemitraan kami mencari solusu atas berbagai masalah sosial demi kemandirian dan kesejahteraan anak," ungkapnya.

Sumber Gambar: Rahmah Husna Yana

Pasca penandatanganan kemitraan prodi Sosiologi UTU langsung direalisasikan jalinan mitra dengan mengirimkan dua orang dosen; Nurlian dan Akmal Saputra untuk melakukan pengabdian kepada remaja di SOS Meulaboh pada acara bertajuk "Career Day di Generasi 4.0 ".

 Dalam pertemuan dengan puluhan remaja SOS Meulaboh, Nurlian memaparkan materi berjudul Motivasi belajar di era milenial dan  Akmal Saputra berjudul Peluang dan Tantangan Wira Usaha Muda di Era Industri 4.0.[nk]

Lainnya :