Inovasi PPID UTU Terus Digulirkan, Tingkatkan Pelayanan Informasi Publik
  • Prodi Sosiologi
  • 07. 08. 2020
  • 0
  • 524

Oleh: Aduwina Pakeh, S.Sos., M.Sc* 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Teuku Umar terus meningkatkan pelayanan informasi publik baik untuk lingkungan Kampus maupun untuk masyarakat luas

Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di badan publik ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Karena itu, masyarakat umum dan civitas akademika dilingkungan Universitas Teuku Umar memiliki hak untuk mengetahui berbagai informasi terkait pengelolaan Perguruan Tinggi Negeri.

Penyelenggaraan layanan informasi publik di UTU diatur oleh Rektor mengenai Standar Layanan Informasi Publik, didukung oleh sumber daya pengelola informasi dan dokumentasi yang profesional serta tersedianya daftar informasi publik yang selalu terbarukan.

Unit organisasi bidang KIP di lingkungan Universitas Teuku Umar ini ditangani oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggungjawab atas pengelolaan informasi publik yang mencakup penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi terhadap pengguna informasi publik.

Untuk meningkatkan dan mempermudah layanan informasi publik, Rektor melalui surat keputusannya menunjuk ketua unit pelaksana PPID dan 3 divisi yang akan mengelola pelayanan informasi publik lingkup Universitas Teuku Umar. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih mudah dan cepat dalam memperoleh informasi publik, baik melalui tatap muka secara langsung maupun melalui website atau email.

Kini, PPID UTU semakin berkembang seiring dengan meningkatnya rasa ingin tahu masyarakat mengenai perguruan tinggi. Masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai Universitas Teuku Umar pun kini semakin bervariasi mulai dari mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), jurnalis, institusi, pengusaha, hingga warga biasa.

Berbagai inovasi pun dilakukan untuk akses informasi ini diantaranya penyediaan situs ppid.utu.ac.id untuk permohonan informasi, e-mail ppid@utu.ac.id sebagai media penyampaian informasi dan video animasi Universitas Teuku Umar sebagai media sosialisasi melalui media sosial Youtube.

Layanan website ppid.utu.ac.id memuat berbagai informasi seputar Universitas Teuku Umar sesuai ketentuan UU KIP, diantaranya Daftar Informasi Publik, Informasi Berkala, Informasi Wajib Tersedia dan Informasi Serta Merta.

Dalam website juga terdapat informasi mengenai tata cara permohonan informasi dan formulir pengajuan permohonan informasi secara online bagi masyarakat. Adapun permohonan informasi melalui email dapat diajukan ke alamat e-mail ppid@utu.ac.id.

Dengan beroperasinya layanan online KIP tersebut, maka metode permohonan informasi kepada PPID UTU menjadi bertambah. Metode tersebut antara lain tatap muka atau datang langsung, melalui e-mail, melalui surat pos, melalui telepon, dan melalui layanan website.

Dengan semakin banyaknya alternatif metode layanan permohonan informasi, maka diharapkan masyarakat akan memiliki banyak pilihan dan kemudahan dalam mengajukan permohonan informasi kepada Universitas Teuku Umar.

Selanjutnya, PPID UTU mengembangkan inovasi digital karena kita harus terus menatap masa depan serta mengantisipasi tantangan era digital yang memungkinkan seluruh layanan sudah menjadi secara online. Bisa jadi PPID pada masa depan mungkin hanya menggunakan digital saja, tidak lagi ada desk. Orang yang meminta informasi juga mungkin berpikir buat apa datang ke kampus, sudah ada media sosial juga yang sudah sangat terbuka.

Universitas Teuku Umar telah memiliki berbagai akun media sosial sebagai sarana untuk penyampaian informasi, diantaranya laman facebook @kampusutu (Universitas Teuku Umar), ppid universitas teuku umar, kemudian Instagram @kampus_utu (Universitas Teuku Umar), Twitter @Kampus_utu (Univ. Teuku Umar) dan Youtube (Universitas Teuku Umar).

Selanjutnya, kedepan kita terus perkuat sinergitas antar elemen kampus terutama dibidang kehumasan yang menjadi leading sektor dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Selain akun media sosial, UTU telah menerbitkan majalah UTU News terbitan bulanan dan Majalah UTU SMILE terbit khusus edisi wisuda (majalah yang ada di tangan saudara saat ini). Insya Allah kedepan kita berencana untuk menambah beberapa inovasi terbaru diantaranya PPID Mobile, UTUMAG yaitu majalah mingguan berbasis online, UTU TV, Radio UTU dan inovasi lainnya.

*Penulis adalah Dosen Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Teuku Umar (UTU). 

(Artikel ini sudah pernah tayang di majalah UTU SMILE tahun 2019).

Komentar :

Lainnya :