Humas PT. Mifa Bersaudara Harap Akademisi Praktik Riset Saat Magang
  • Prodi Sosiologi
  • 20. 08. 2021
  • 0
  • 2528

Meulaboh, Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (UTU) diharapkan mahasiswanya mampu melakukan riset sosial ketika magang di PT. MIFA Bersaudara nanti. Hal ini dikatakan oleh Azizon Nurza Kepala Humas PT Mifa saat kegiatan peninjauan kurikulum Prodi Sosiologi yang diselenggarakan kemarin Kamis 19 Agustus 2021 di Class Room U2A-109 Gedung Terintegrasi. Kegiatan ini melibatkan pakar kurikulum dari Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI) dan beberapa perwakilan stakeholder.

Dalam kesempatan tersebut Azizon menekankan bahwa mahasiswa sosiologi memiliki banyak peluang untuk magang di MIFA. “Selaras disampaikan Bu Retno tadi (yakni riset sosial-red), mahasiswa perlu menguasai keterampilan pengetahuan terapan”, ungkap Azizon. Kalimat tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa Sosiologi yang akan melaksanakan magang di salah satu perusahaan besar di Aceh Barat yang bergerak di bidang batu bara tersebut.

Pada kesempatan tersebut Azizon juga menyebut beberapa hal yang bisa dilakukan alumni sosiologi, dengan demikian kurikulum bisa diarahkan untuk mengambil peluang kerja tersebut.

Menanggapi peluang besar yang disampaikan oleh Azizon, Kaprodi Sosiologi mengatakan bahwa selain pasar kerja mahasiswanya juga berpeluang melakukan magang di perusahaan Batubara itu. “Ada banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa kita di sana untuk magang. Kita harus dorong kuat-kuat mahasiswa untuk magang”, ujarnya saat diskusi kecil dengan beberapa dosen prodi seusai kegiatan peninjauan kurikulum kemarin.

Jalannya paparan pandangan pakar kurikulum oleh Dr. Tyas Retno Wulan, M. Si dari APSSI, Azizon dari PT. Mifa Bersaudara, Hidayat dari S.O.S Children Village, dan Mirsal, M.SP dari DPMG Aceh Barat tersebut dipandu oleh Rahmah Husna Yana, M.Sos bertindak sebagai moderator. Kepiawaiannya mengatur lalu lintas paparan dan diskusi di acara tersebut membuahkan hasil simpulan yang berharga untuk Prodi Sosiologi, khususnya dalam menjalankan kurikulum MBKM yang sudah berjalan sejak semester lalu.

Turut hadir dan mengikuti kegiatan peninjauan kurikulum ini para pejabat di lingkup Fisip yaitu Wadek I Fisip Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Afrizal Tjoetra, Wadek II Bidang umum dan Keuangan Phoenna Ath-Thariq, L.L.M., Kaprodi Ilmu Administrasi Negara Fadhil Ilhamsyah, M.Si, dan Kaprodi Ilmu Komunikasi Putri Maulina, M.I.Kom. Dua prodi ini juga memiliki potensi yang kuat bagi mahasiswanya untuk magang di stakeholder dalam rangka melaksanakan kurikulum MBKM. (3&2)

Komentar :

Lainnya :