• Prodi Sosiologi
  • 02. 03. 2019
  • 230

Visi:

Menjadikan Prodi Sosiologi sebagai sumber inspirasi bagi pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir di sektor agro and marine industry diperingkat regional (2025), nasional (2040), dan internasional (2060) melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi.

Misi:

  1. Menyelenggarakan proses belajar-mengajar melalui kurikulum Sosiologi berbasis pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan kreatif untuk menunjang pembangunan masyarakat pedesaan dan pesisir.
  3. Memotivasi civitas academica untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di pedesaan dan pesisir.
  4. Menghasilkan lulusan sosiologi yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat selaras dengan kebutuhan masyarakat pedesaan dan pesisir di sektor agro and marine industry melalui pendekatan iptek dan imtaq.
  5. Menghasilkan dan menyebarkan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai sumber inspirasi dalam perumusan kebijakan daerah yang berbasis pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir di sektor agro and marine industry.

Tujuan:

  1. Menerapkan kurikulum Program Studi Sosiologi yang relevan, sistematis, solutif yang mampu mencapai standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif dan kreatif untuk menunjang pembangunan masyarakat pedesaan dan pesisir.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat pedesaan dan pesisir.
  4. Meningkatkan peran lulusan lulusan sosiologi yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat selaras dengan kebutuhan masyarakat pedesaan dan pesisir di sektor agro and marine industry melalui pendekatan iptek dan imtaq. 
  5. Menerapkan serta menyebarluaskan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai sumber inspirasi dalam perumusan kebijakan daerah yang berbasis pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir di sektor agro and marine industry.

Sasaran & Strategi Pencapaian:

Sasaran :

  1. Terwujudnya proses-belajar mengajar yang kondusif dan kurikulum yang sesuai KKNI yang berbasis pedesaan dan pesisir di sektor agro and marine industry
  2. Terlaksananya program penelitian dalam pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir.
  3. Terciptanya sumber daya civitas academika yang mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat pedesaan dan pesisir.
  4. Terbentuknya karakter mahasiswa yang solutif pada program pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir.
  5. Terjalinnya kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta sesuai program pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir.

 Strategi Pencapaiannya :

  1. Menyelenggarakan proses-belajar mengajar yang kondusif dan kurikulum yang sesuai KKNI yang berbasis pedesaan dan pesisir di sektor agro and marine industry
  2. Melaksanakan program penelitian dalam pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir.
  3. Menciptakan sumber daya civitas academica yang inovatif, kritis dan solutif agar berpotensi dalam meningkatkan serta mengembangkan masyarakat pedesaan dan pesisir.
  4. Menjadikan sumber daya mahasiswa yang mampu menganalisis, dan memberikan solusi atas fenomena atau gejala sosial dengan menggunakan sosiologi di masyarakat pedesaan dan pesisir.
  5. Melaksanakan magang kerja pada instansi pemerintah dan swasta demi meningkatkan program pengembangan masyarakat pedesaan dan pesisir.

 

ALAT UJI PEMAHAMAN VISI MISI